Sunday, April 19, 2015

Cara Mengatasi Blog Yang Lemot/Lamban Ketika dibuka

Blog yang lamban ketika dibuka akan membuat pengunjung blog bosan menunggu loading, dan ketika loading lama maka pengunjung akan cepat berpindah ke blog yang lainnya. ada beberapa faktor yang membuat suatu blog lemot/lamban ketika dibuka diantaranya yaitu terlalu banyak widget yang dipasang dan yang kedua yaitu terlalu banyak animasi atau gaya yang menggunakan tambahan script javascript, dari kedua penyebab tersebut maka secara otomatis kapasitas atau ukuran page blok tersebut akan bertambah besar. Nah untuk sedikit mengatasi hal tersebut lakukan pengompresan terhadap setiap sintak HTML yang ada di blog tersebut dan segera kurangi penggunaan Widget yang kurang bermanfaat. berikut cara melakukan pengompresan sintak HTML yang ada di blogspot :


1. Login akun blogspot.com terlebih dahulu.

2. Pada halaman artikel blog/beranda, klik bagian "Desain" pojok kanan atas, kemudian pilih klik bagian "Template" kemudian klik "Edit HTML".

3. Lakukan BackUp terlebih dahulu atas sintak HTML tersebut untuk menghindari kesalahan saat mengkompres sintak nanti. Kalau bingung cara backup HTML nya caranya klik bagian sintak kemudian pada keyboard tekan CTRL+A => Klik kanan =>Copy. paste ke Notepad atau word saja.

4. Buka situs ini https://www.webtoolhub.com/tn561361-html-optimizer.aspx ini merupakan situs yang dapat mengkompres / memperkecil ukuran HTML yang ada di blog.

5. Copy dan pastekan seluruh sintak HTML yang ada di blog tadi kedalam situs diatas tadi. kemudian setelah dipaste klik bagian "Optimize" sintak html akan dikompres secara otomatis dan hasil kompresnya ada dibagian bawah.


6. Gantikan sintak HTML yang ada di blog tadi dengan sintak HTML hasil Pengompresan tadi. sekarang coba di reload blog tadi, ada keringanan kah?