Tuesday, April 14, 2015

Cara Mengatasi Laptop/PC yang Lemot/Lamban

Tanpa Laptop/PC sepertinya hari-hari kita akan menjadi kurang menarik alias banyak galaunya ketimbang Happy nya. Apa lagi jaman sekarang komputer sudah menjadi salah satu kebutuhan pokok bagi para penuntut ilmu dan pekerja yang berhubungan dengan komputer. Namun setiap peralatan pasti ada saja kendala yang dialami oleh para pemakainya terutama komputer, nah kali ini saya akan berbagi sedikit pengetahuan dan pengalaman saya ketika sedang mengalami komputer yang tidak pada performanya atau Lemot/Lamban, hal ini jelas sangat mengganggu ketika kita sedang mengoperasikan komputer bahkan dapat memicu rasa emosi kita terhadap komputer yang kita miliki bahkan lebih parah lagi sampai-sampai kita membanting dan memukuli komputer tersebut padahal komputer tidak ada salahnya haha...woles kawan!

Sebenarnya banyak sekali cara-cara mengatasi komputer Lemot/Lamban, namun kali ini saya akan berbagi salah satu dari sekian banyak caranya saja, oke kawan langsung ke TKP saja :

1. Silahkan nyalakan saja Laptop/PC kawan-kawan!
2. Kemudian pada keyboard, tekan tombol berlogo windows + R secara bersamaan,  pada kotak isian isikan dengan "%temp%"  seperti gambar dibawah ini.


3. klik OK.
4. setelah di klik OK  file temporary akan muncul, kemudian silahkan kawan2 lakukan penghapusan seluruh file temporary tersebut dengan cara pada keyboard tekan CTRL+A, klik kanan kemudian Delete. ini merupakan salah satu penyebab komputer kita lemot.
5. Setelah file temporary terhapus, silahkan kawan-kawan buka Recycle Bin pada Desktop yang ada logo sampah. disana akan terdapat banya file yang telah berhasil kita hapus. pada Recycle Bin tadi juga kita lakukan penghapusan seluruh File. dengan cara klik pad bagian empty recycle bin seperti gambar berikut :


6. Sekarang coba rasakan sensasinya pad laptop kawan2, apakah ada perubahannya atau tidak hoho.
7. Untuk memaksimalkan kecepatan langkah selanjutnya, Klik Star Menu -> Computer. kemudian klik kanan pada Local Disk C -> pilih propertise -> pilih menu tools -> klik bagian Defragment Now. kemudian lakukan Analyze disk terhadap setiap partisi HDD kawan2, setelah itu baru Defragment Disk. tunggu sampai proses selesai.


 Selemat mencoba Broo :-)

NB : Jangan lakukan cara ini terlalu sering, cukup lakukan satu bulan sekali saja. kalau terlalu sering akan menyebabkan HDD kawan cepat rusak.