Sunday, January 1, 2017

Tips Sukses Dalam Interview Kerja

Setelah menyelesaikan masa pendidikan maka tahap selanjutnya yaitu memasuki dunia kerja. Namun ada juga yang memilih untuk membuka usaha sendiri setelah menyelesaikan pendidikan terakhir mereka,dan semua itu adalah plihan, pilihan akan berujung pada kesuksesan jika terus berusaha dan punya niat yang baik.

kembali ke topik, berikut ini adalah hal-hal yang harus diperhatikan sebelum mengajukan lamaran kerja ke perusahaan :

1. Pikirkan posisi pekerjaan yang paling disenangi!

 Dengan mengetahui ini maka saat bekerja akan terasa ringan dan tidak terbebani oleh pekerjaan yang dberikan oleh atasan. 

2. Pikirkan terlebih dahulu kemampuan yang dimiliki!

Hal ini penting sekali untuk diketahui agar pada saat interview tidak gugup lagi dan secara spontan pertanyaan HRD akan terjawab.

3. Hindari mengajukan lamaran kerja pada posisi diluar kemampuan yang dimiliki. 

Karena besar kemungkinan hanya akan membuang waktu saja dan apabila di interview semua pertanyaan yang dilontarkan HRD tidak akan bisa dijawab sesuai yang diinginkan oleh HRD.

4. Tujulah perusahaan yang jelas (perusahaan yang sudah tidak asing lagi dikenal oleh banyak orang).

Sudah banyak yang terjadi dengan berbagai modus penipuan terhadap para jobseker di indonesia contohnya modus penipuan tersebut diantaranya :
  • Mengatas namakan perusahaan "A". sedangkan perusahaan "A" tidak pernah ada keberadaannya di indonesia.
  • Membuat informasi lowongan kerja atas nama perusahaan "B", sedangkan perusahaan "B" belum membuka lowongan pekerjaan untuk para jobseker. oleh karena itu walaupun  sangat membutuhkan pekerjaan jangan asal kirim lamaran kerja sebelum cek detail perusahaan terlebih dahulu di google, apabila telah menemukan website perusahaan harus cek terlebih dahulu di website tersebut apakah perusahaan tersebut sedang membuka lowongan pekerjaan atau tidak.
Hal- hal yang harus diperhatikan ketika mengajukan lamaran pekerjaan :

1. Designlah CV sebagus dan sekreatif  mungkin

   Usahakan CV hanya 1 lembar dan dengan 1 lembar tersebut bagaimana caranya agar perusahaan dapat tertarik untuk mengundang anda sampai interview, cantumkanlah pokok-pokok penting di CV dan untuk detailnya akan dijelaskan pada saat interview. jika kurang jago untuk desain CV maka tidak usah bingung tinggal searcing saja template CV di google.

2. Berilah tanda tangan dan cantumkanlah tanggal pengajuan lamaran  kerja pada surat lamaran kerja yang telah dibuat. dan untuk contoh membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar silahkan searcing juga di google.

3. Jika memungkinkan, alangkah bagusnya kalau surat lamaran pekerjaan diantar langsung ke perusahaan tidak by email. namun tergantung dari informasi lowongan pekerjaan itu sendiri.
karena jika surat lamaran diantar langsung ke perusahaan maka besar kemungkinan surat lamaran tersebut akan segera di cek oleh pihak perusahaan. sebaliknya jika kirim by email maka bisa jadi cek surat lamarannya dipending atau malah surat lamaran yang dikirim masuk ke spam emailnya perusahaan.

4. Berilah amplop/map pada surat lamaran yang akan diajukan ke perusahaan dan usahakan surat lamaran tersebut dalam keadaan rapi sampai ke perusahaan.

5. Saat dipanggil interview kerja, pakailah pakaian yang rapi, sopan (tetapi tidak begitu mencolok) bersepatu pantofel. tunjukkanlah sikap bahwa anda memang benar-benar ingin bekerja dan bergabung dengan perusahaan tersebut.